Mempersiapkan Masa Pensiun Dengan Baik

Mempersiapkan masa pensiun dengan baik perlu direncanakan secara matang. Hal ini agar tidak terjadi kesengsaraan disaat ketika kita seharusnya sedang menikmati masa tua. Bagi para pegawai atau karyawan, pensiun adalah sebuah istilah yang pasti akan dilewati. Dan biasanya bagi yang tidak siap, maka akan menimbulkan pengaruh yang besar terhadap keprbadian seseorang, mulai dari rasa bosan, cepat tersinggung, mudah marah hingga stress berat yang bisa mengakibatkan sakit fisik seperti struk.

Konon kabarnya masa pensiun itu, hanya benar- benar dinikmati maksimal satu bulan. Ada juga yang bilang dua bulan. Selebihnya maka rasa bosan akan mendera. Yang jelas, bagi anda para pegawai atau karyawan tulen, maka perlu upaya-upaya khusus untuk mempersiapkan masa pensiun dengan baik. Apa saja yang anda lakukan? Berikut yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan masa pensiun dengan baik:

Pertama, bagi para pegawai atau karyawan yang tidak mempunyai usaha sampingan, maka ketika pensiun datang jelas tidak ada lagi pemasukan. Sementara kebutuhan hidup tersus berjalan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka anda harus mulai memperhitungkan pengeluaran-pengeluaran sejak akan menjelang pensiun. Hindari membeli barang-barang yang tidak penting.

Kedua, menjelang tiga bulan sebelum pensiun, anda haris jauh- jauh hari sudah memikirkan apa yang harus anda kerjakan. Karena setela pensiun tidak jarang orang yang terkena sindrom kebosanan.

Ketiga, berikut kegiatan yang bisa anda lakukan dan seringkali menghilangkan kebosanan:
-Bermain dengan cucu bagi yang sudah mempunyai cucu
-jika anda memiliki halaman tanah yang luas, kegiatan bercocok tanam bisa menghilangkan kebosanan
- melakukan pekerjaan yang berhubungan dengam hobinya seperti olah raga, menulis, membaca, memancing, dll. Tetapi perlu diingat , kegiatan yang dijalankan sesuai hobi harus didasarkan sesuai pertimbangan biaya yang relatif murah.

Keeempat, jika anda adalah orang yang selalu tetap ingin bekerja, cobalah dua tahun sebelumnya anda mulai belajar berbisnis, belajar mencari peluang usaha atau peluang bisnis agar ketika pensiun tiba anda sudah mempunyai pekerjaan terusan yaitu bisnis anda sendiri.

Itulah beberapa tips untuk mempersiapkan masa pensiun dengan baik. Pada intinya ada dua hal bisa menjadi peehatian yaitu kondisi finansial setelah pensiun dan apa yang harus dikerjakan setelah pensiun. Semoga menginspirasi anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peluang Usaha Menjual Kardus Bekas

Alasan Umum Mutasi PNS

Jenis Usaha Yang Bagus di Lingkungan Kampus

Histats