Peluang Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa

Berbicara mengenai peluang usaha sampingan untuk mahasiswa, tentu saja ini di tujukan bagi mahasiswa yang ingin mempunyai penghasilan tambahan untuk kelangsungan hidupnya. Tidak hanya itu, mahasiswa yang ingin membuka usaha sampingan, paling tidak dalam dirinya pasti akan tertanam sifat kemandirian dan kewirausahaan yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Idealnya, ketika ia lulus kuliah maka yang dilakukan dirinya adalah bukan hanya fokus pada pencarian kerja melainkan bagaimana ia berusaha untuk membuka lapangan kerja.

Banyak sekali peluang usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa sebagai contoh adalah membuka toko online, membuka usaha jual pulsa, bisnis penerjemah bahasa inggris, menjadi reseller, drop shipping, menjadi penulis di surat kabar, penulis buku, blogger dan lain sebagainya.

Toko Online
Dengan keberadaan internet, anda bisa membuat sebuah toko online secara gratis sebagai contoh di tokopedia, tokobagus, dinomarket atau melalui blog yang di customisasi menjadi sebuah toko online dengan tampilan yang menarik. Anda hanya tinggal memikirkan produk apa yang akan dijual. Hal ini menjadi lebih praktis daripada ketika anda membuat toko secara fisik, selain diperlukan modal yang besar juga diperlukan waktu yang lumayan banyak.

Usaha jual pulsa
Hingga sekarang usaha jual pulsa masih menjadi alternatif tambahan penghasilan mengingat tidak perlu membutuhkan modal yang besar

Bisnis penerjemah
Khusus bagi mahasiswa dengan jurusan bahasa seperti jepang, perancis, inggirs, arab, dan lain sebagainya. Ini bisa menjadi peluang usaha sebagai usaha sampingan

Reseller produk
Menjadi reseller sebuah produk pada intinya bisa dikombinasikan dengan toko online karena pada toko online anda bisa menjual produk sendiri atau dengan cara reseller (menjual kembali produk orang lain)

Usaha Drop shipping
Tidak berbeda jauh dengan reseller, peluang usaha drop shipping menjadi alternatif ketika anda membuka usaha toko online. Bedanya ketika anda menjual dengan metode drop shipping, produk yang anda jual tidak harus ada ditangan.Cukup dengan memanfaatkan pihak pertama yang sebagai penjual produk utamanya. Dalam bahasa sehari-hari drop shipping bisa disebut sebagai calo atau makelar.

Peluang usaha menjadi penulis
Kelebihan utama ketika menjadi seorang penulis surat kabar atau buku adalah anda tidak perlu memerlukan modal seperti uang. Yang diperlukan hanyalah membaca dan membaca kemudian berlatih menulis hingga mahir. Anda bisa memanfaatkan perpustakaan sebagai media utamanya.

Blogger
Dewasa ini menjadi seorang blogger bukan hanya dijadikan usaha sampingan, melainkan sudah menjadi pekerjaan tetap. Pertanyaanya dari mana seoraang blogger bisa menghasilkan uang? jawabannya adalah yaitu salah satunya dengan menjadi seorang publisher dibeberapa broker iklan baik luar negeri maupun dalam negeri. Dari luar negeri anda bisa mencoba Google Adsense, Chitika, infolinks, kontera, dan lain sebagainya. Sedangkan dari dalam negeri seperi kliksaya, adsansecamp, sitti, idblognetwork, kumpulblogger, PPCindo, dan lain-lain . Selain menjadi publisher, anda bisa menjual slot banner untuk sebuah iklan jika blog atau website anda memiliki pengunjung yang melimpah. Pada hakekatnya menjadi seorang blogger yang paling utama dbutuhkan tidak berbeda jauh dengan menjadi seorang penulis surat kabar / buku yaitu dengna cara banyak-banyak membaca dan aktivitas menulis.

Itulah beberapa Peluang Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa. Jika dari salah satu peluang usaha itu ditekuni, saya yakin akan menjadi sebuah langkah awal menuju tangga kesuksesan untuk  menjadi wirausahawan sejati yang dapat membuka lapangan kerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peluang Usaha Menjual Kardus Bekas

Alasan Umum Mutasi PNS

Jenis Usaha Yang Bagus di Lingkungan Kampus

Histats