Jenis Usaha Yang Bagus di Lingkungan Kampus

Beruntunglah jika anda mempunyai rumah dilingkungan kampus. Tapi lebih beruntung lagi jika anda salah satu orang yang mempunyai feeling bagus dalam memandang peluang usaha atau peluang bisnis di sekitar kampus. Mengapa demikian? Karena sejatinya di lingkungan kampus banyak terdapat ladang bisnis yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Oleh sebab itu, adkei blog ingin berbagi informasi tentang jenis usaha yang bagus di lingkungan kampus.  Tapi sebelumnya jika anda ingin mengetahui informasi tentang lima lokasi strategis untuk bisnis warung makanan dan minuman silahkan baca disini.

Ada beberapa jenis usaha yang bagus dilingkungan kampus seperti:
Pertama, jenis usaha foto kopi, penjilidan, laminating, dan sejenisnya. Ini sangat jelas ada peluang besar untuk para mahasiswa dan mahasiswi yang notabene selalu bergelut dengan dunia fotokopi dan penjilidan untuk referensi  kuliah.

Kedua, membuka usaha rental komputer  dan cetak print. Walau saat ini harga pc dan laptop semakin murah, tapi nyatanya dibeberapa lingkungan kampus jenis usaha ini masih bertahan. Bahkan sampai ada jasa penyewaan laptop yang bisa dibawa pulang ke kost.

Ketiga, membuka usaha warnet. Peluang usaha ini hingga sekarang terbukti masih besar dan di beberapa kampus masih eksis walau harga modem untuk beselancar di internet relatif murah. Bahkan biasanya usaha warnet yang didalamnya ada game centre atau game online.

Keempat, membuka bisnis toko komputer terutama pada hardwarenya. Baik menjual komponen utama komputer atau aksesorisnya.

Kelima, membuka usaha penyewaan cd software dan game. Biasanya cd software dan game di lingkungan kampus akan banyak dicari dan dibutuhkan. Tapi untuk membuka usaha ini, anda perlu mengetahui tentang peraturan atau regulasinya terutama yang berkaitan dengan HAKI ( Hak Kekayaan Intelektual).

Keenam, membuka usaha warung makan dan minuman. Ada beberapa jenis makanan yang bisa dijual. Mulai dari makanan berat seperti nasi. Kemudian makanan semi berat seperti mie ayam, bakso, gado-gado,dll. Sedangkan untuk minuman seperti air mineral, es teh, es jeruk, es pisang ijo, es doger, dll

Ketujuh, membuka usaha warung cemilan. Jika sebelumnya menjual makanan yang bersifat berat seperti menjual nasi, maka menjual cemilan tentu mempunyai kesempatan yang bagus. Terutama segmen pasar ini di tujukan untuk mahasiswi yang doyan ngemil.

Kedelapan, membuka usaha potong atau cukur rambut. Jangan meremehkan peluang usaha potong atau cukur rambut. Peluang usaha ini berpotensi besar mendapatkan client dari para mahasiswa.

Kesembilan, membuka usaha warung kelontong seperti perlengkapan untuk kebutuhan sehari-hari anak kost.

Kesepuluh, membuka usaha tempat kos. Tapi untuk jenis usaha ini tentunya memerlukan modal yang besar.

Selain dari kesepuluh jenis dan peluang usaha dilingkungan kampus yang berprospek bagus, berikut jenis-jenis usaha lain yang tidak kalah bagus prospeknya jika dijalankan. Jenis-jenis usaha tersebut yaitu:
Membuka usaha toko buku baik baru dan bekas
Membuka usaha warung bubur kacang ijo, bubur beras, mie rebus dan sejenisnya seperti gorengan, kopi, es jeruk.
Membuka usaha bengkel motor
Membuka usaha pencucian motor
Membuka usaha laundry pakaian
Membuka usaha persewaan komik
Membuka usaha jasa pindah kos
Membuka usaha jual pulsa
Membuka usaha rental play station
Membuka usaha jahit pakaian dan celana

Itulah beberapa jenis dan peluang usaha yang bagus di lingkungan kampus. Semoga dapat menginspirasi.

Komentar

  1. inspiratif sekali mas,sy mahasiswa pndidikan smster 4, rncananya smster 5 akhir sya mau drop, kpngen buka usaha aja, ini udah ada modal 10 juta, smbil nunggu smster 5 akhir sya nglesin ank2 smp lumayan sih mas, kiriman ortu juga lancar. alhamdulilah. kiriman ortu buat hidup shari2 sya hematin buat modal, sy rela makan 1hari sekali, tp sy blm brani crita crita ke ortu soal rencana sya drop out dan mau buka usaha, nunggu smpai waktunya akan tiba aja.... :( smoga langkah sya ini benar... sy sudah tdk betah kuliah, krn sy pikir itu bukan minat sya mskipun sya mampu...

    BalasHapus
  2. Menurut saya kuliah harus selesai ,kasihan harapan orang tua dan akan menyesal dikemudian hari , bekerja sambil kuliah juga bisa jalan bersama

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peluang Usaha Menjual Kardus Bekas

Alasan Umum Mutasi PNS

Histats