Tips Agar Anak Hobi Membaca

Ada banyak tips agar anak hobi membaca, salah satunya adalah dengan  selalu mendekatkan anak-anak kita dengan bahan bacaan seperti buku sejak dini. Bahkan sejak dalam kandunganpun kita disarankan untuk membacakan secara rutin. Seperti kita ketahui, membaca adalah aktivitas penting. Banyak orang-orang besar yang sukses dikarenakan mereka rajin membaca.

Selain dari dua cara diatas, andapun bisa melakukan tips-tips agar anak hobi membaca seperti berikut ini:

Pertama, berikan contoh. Kita jangan hanya menyuruh anak-anak supaya membaca sementara anda tidak pernah membaca di depan anak anda.

Kedua, batasi pemanfaatan alat elektronik terutama televisi.

Ketiga, ajak anak-anak anda ke tempat-tempat baca seperti perpustakaan, taman bacaan masyarakat atau anda bisa mengajak rutin ke toko buku. Tempat-tempat baca tersebut merupakan sarana rekreasi yang bersifat edukatif yang banyak manfaatnya. Lebih jauh tentang rekreasi edukatif  untuk anak baca disini: lima lokasi strategis untuk hiburan anak.

Keempat, berikan anak-anak anda bahan bacaan yang temanya mereka senangi lebih dulu. Hal ini untuk memancing minat baca yang pada akhirnya si anak akan membaca subjek-subjek bacaan yang lain.

Terakhir, pancinglah dengan memberikan dongeng atau cerita yang menarik hanya sebagian. Selanjutnya anda tawarkan kelanjutan dongeng atau cerita itu dengan menyuruh anak kita agar membacanya sendiri. Dengan metode ini diharapkan si anak akan timbul rasa penasaran untuk membaca kisah cerita selanjutnya.

Itulah beberapa tips agar anak hobi membaca. Semoga menginspirasi anda dan bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peluang Usaha Menjual Kardus Bekas

Alasan Umum Mutasi PNS

Jenis Usaha Yang Bagus di Lingkungan Kampus

Histats