Peluang Usaha Guru Privat Untuk Mahasiswa

Di adkei blog ini, sebelumnya pernah dibahas tentang peluang usaha sampingan untuk mahasiswa. Namun pembahasannya masih bersifat umum. Nah, kali ini masih dengan tema yang sama dan contoh yang lebih spesifik yaitu peluang usaha guru privat untuk mahasiswa.

Ada banyak peluang usaha bagi mahasiswa salah satunya adalah dengan menjadi guru privat untuk  pelajar-pelajar smp atau sma. Beberapa mata pelajaran yang biasa diprivatkan biasanya pelajaran eksak atau ilmu pasti. Namun demikian, seiring perkembangan jaman pelajaran-pelajaran non eksakpun sudah mulai banyak orang tua yang memperhatikannya. Sehingga banyak orang tua yang pada akhirnya memprivatkan anaknya untuk mempelajari mata pelajaran khusus dengan waktu yang khusus pula.

Daftar Mata Pelajaran Yang di Privatkan

Berikut daftar pelajaran yang bisa diprivatkan:
Pelajaran-pelajaran eksak seperti matematika, fisika kimia, dan biologi. Nah bagi anda seorang mahasiswa dengan jurusan diatas, maka peluang anda untuk menjadi guru privat sangat terbuka lebar.

Pelajaran-pelajaran ilmu terapan seperti komputer dan  akuntasi. Silahkan jika anda salah satu mahasiswa dari kedua juruaan tersebut bisa anda coba untuk membuka jasa guru privat.

Pelajaran-pelajaran non eksak seperti bahasa inggris, bahasa mandarin, jepang, arab, jerman, dan perancis. Anda mahasiswa dengan jurusan diatas? Saya kira perlu anda coba untuk menjadi guru privat, tentu saja jika anda sedang mencari usaha sampingan.

Strategi Pemasaran dan Cara Memulainya

Tentu anda bertanya, bagaimana cara memulai untuk membuka jasa guru privat? Jawabannya adalah mudah. Ada dua cara yang bisa anda tempuh untuk membuka jasa guru privat ini.  Pertama, dengan promosi door to door artinya tawarkan langsung kepada orang tua yang mempunyai anak  sedang menempuh pendidikan smp atau sma. Anda juga bisa promosikan melalui teman, tetangga, saudara, dan orang-orang terdekat lainya yang sekiranya memiliki potensi untuk bisa mempengaruhi agar mau privat di anda. Cara ini sering dinamakan sebagai upaya mencari client melalui jaringan atau network.

Kedua, melalui media seperti membuat  brosur sederhana, pamplet yang ditempelkan ditempat - tempat strategis,  atau melalui internet dengan cara membuat promosi online dengan blog gratisan seperti blogger dan wordpress atau dengan jejaring sosial seperti facebook , myspace, tumblr, google+ dan lainya. Lebih jauh tentang promosi online di internet bisa anda baca disini:  tips mudah promosi online gratis di internet. Cara lain untuk mempromosikan jasa guru privat anda misalnya dengan beriklan di surat kabar. Cara ini tentu saja harus mengeluarkan modal.

Itulah pembahasan sedikit tentang peluang usaha guru privat untuk mahasiswa. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi kepada anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peluang Usaha Menjual Kardus Bekas

Alasan Umum Mutasi PNS

Jenis Usaha Yang Bagus di Lingkungan Kampus

Histats