Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris

Bahasa inggris adalah bahasa internasional yang digunakan oleh semua negara didunia. Karenanya tidak heran,  bahasa inggris adalah salah satu pelajaran yang masuk dalam daftar kurikulum pendidikan dinegara kita ini. Disisi lain banyak pula yang menawarkan kursus-kursus bahasa inggris dengan metode dan biaya yang murah. Berkaitan  hal tersebut, andapun bisa belajar bahasa inggris secara mandiri. Berikut tips mudah belajar bahasa inggris yang bisa anda coba.

Tips mudah belajar bahasa inggris bisa diterapkan untuk anak-anak maupun anda sendiri. Berikut tipsnya:

Pertama, menghapal kosa kata bahasa inggris dengan sistem ngemil artinya sedikit demi sedikit seperti layaknya orang memakan cemilan makanan kecil. Sebagai contoh anda bisa menetapkan setiap sehari harus menghapal 3 kosa kata. Kemudian minggu selanjutanya harus menghapal 4 kosakata, selanjutnya 5 kosakata dan seterusnya. Atau anda juga bisa menetapkan penghapalan kosakata dengan sistem ajeg. Misalnya setiap hari hanya menghapal satu kosakata. Jika sehari bisa menghapal satu kosa kata maka dalam sebulan bisa menghapal 30 kosakata dan setahun bisa 365 kosakata dan seterusnya.

Kedua, untuk belajar grammer, anda bisa menuliskan rumus-rumus yang ditulis dikertas kemudian ditempel di dinding-dinding tembok yang startegis. Sehingga secara tidak sengaja anda akan membacanya dan  secara tidak sadar pula anda sedang menghapalnya. Ini akan diulang-ulang terus ketika anda melihat di dinding yang ditempeli tersebut. Anda bisa menempelnya di dinding-dinding yang dekat dengan meja makan, dinding kamar tidur, kamar kecil dan lain sebagainya yang dirasa perlu. Ingat tulisan harus ditulis dengan huruf dan angka yang besar sehingga dapat terbaca.

Ketiga, untuk conversation anda bisa mencoba dengan sering mendengarkan berita yang berbahasa inggris seperti berita bahasa inggris yang di metro tv, mendengarkan berita bbc london, ataupun chanel stasiun tv dan radio luar lainya. Bila anda hobi menonton dan mendengarkan musik , maka anda bisa menonton film dan mendengarkan musik barat sebagai sarananya. Selain itu terapkanlah di lingkungan keluarga anda untuk selalu berbicara bahasa inggris. Hal ini bertujuan agar timbul percaya diri dan tentu saja sebagai upaya untuk memperlancar.

Terakhir , sering berlatihlah membaca koran atau majalah berbahasa inggris misalnya jakarta post. Anda juga bisa membeli buku dan majalah bekas berbahasa inggris di toko buku bekas. Ketika membaca jangan lupa sediakan kamus agar ketika ada kata-kata yang tidak dimengerti , anda bisa langsung melihatnya dikamus.

Itulah beberapa tips mudah belajar bahasa inggris secara mandiri. Selamat belajar bahasa inggris dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peluang Usaha Menjual Kardus Bekas

Alasan Umum Mutasi PNS

Jenis Usaha Yang Bagus di Lingkungan Kampus

Histats