Tips Cara Memilih Jurusan Ketika Akan Masuk Perguruan Tinggi

Memilih jurusan ketika akan masuk perguruan tinggi perlu dipikirkan secara matang. Selain karena dapat membangkitkan semangat belajar ketika sudah memasuki bangku kuliah juga tentu saja untuk menghindari penyesalan yang berkepanjangan akibat salah memilih jurusan. Untuk itu, bagi anda yang baru lulus dari sekolah menengah atas atau kejuruan dan berencana akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, berikut beberapa tips cara memilih jurusan ketika akan masuk perguruan tinggi.

Tips pertama adalah konsultasi kepada orang tua sebagai penyandang dana. Coba anda komunikasikan dengan orang tua anda mulai dari biaya yang akan dikeluarkan hingga tentang jurusan yang akan diambil.

Kedua, cari informasi sebanyak-banyaknya melalui informasi primer dan sekunder. Artinya melalui informasi primer yaitu dengan cara mencari secara langsung ke universitas yang dituju. Sebagai contoh ketika anda berminat ingin memasuki jurusan tehnik elektro di Universitas Indonesia (UI), maka anda harus mencari dan membaca informasi sedetail-detailnya  baik secara langsung  dengan cara mendatangi bagian akademik atau hanya melalui website resmi UI. Sedangkan untuk informasi sekunder anda bisa mencarinya melalui forum-forum lulusannya, kakak kelas yang sudah memasuki lebih dulu, teman, saudara, dan lain sebagainya.

Ketiga, jangan lupa konsultasikan dengan guru yang menjadi wali kelas anda. Lakukanlah komunikasi intensif sehingga akan mendapatkan saran dan keputusan yang baik.

Keempat, ambillah jurusan yang disesuaikan dengan minat dan bakat anda. Biasanya disekolah akan diadakan uji kompetensi, minat dan bakat siswa. Ini bisa menjadi pertimbangan.

Kelima, pilihlah universitas-universitas yang menyediakan jurusan dengan reputasi yang memang sudah terbukti para alumninya sukses di tengah-tengah masyarakat. Ini juga bisa menjadi motivasi anda untuk memilih jurusan yang diinginkan.

Keenam, banyak-banyaklah membaca buku yang membahas tentang tips-tips memilih jurusan ketika akan kuliah sehingga ini bisa menjadi referensi tambahan anda.

Terakhir, janganlah anda memilih jurusan hanya karena jaga gengsi, hanya sekedar gaya-gaya-an, atau hanya sekedar mengharap pujian. Ini jelas akan merugikan anda baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Itulah beberapa tips cara memilih jurusan ketika akan masuk perguruan tinggi. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peluang Usaha Menjual Kardus Bekas

Alasan Umum Mutasi PNS

Jenis Usaha Yang Bagus di Lingkungan Kampus

Histats