Pengertian Blog dan Manfaatnya

Banyak sekali pengertian blog dan manfaatnya. Tapi yang paling mudah dan gampang di ingat adalah blog merupakan aplikasi web yang berfungsi sebagai sarana komunikasi baik berupa teks, gambar maupun video yang di terbitkan di internet  dengan dilengkapi sarana umpan balik (feed back).  Sejarah perkembangan blog pada awalnya di populerkan oleh blogger.com milik dari Pyra Labs yang kemidian diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu (baca: wikipedia). Sedangkan manfaat dari blog adalah sebagai berikut:

Pertama, sebagai kumpulan tulisan atau catatan harian dari seseorang yang bersifat individu. Blog seperti ini biasanya berisi pemikiran-pemikiran yang apa adanya. Seringkali dinamakan blog diary.

Kedua, sebagai sarana promosi baik dari individu maupun kelompok ataupun perusahaan. Sebagai contoh bisa dimanfaatkan untuk membuat toko online, promosi-promosi produk, profil perusahaan atau lembaga nirlaba, profil organisasi, dan lain sebagainya.

Ketiga, sebagai media penyebar informasi yang bersifat dinamis. Selain itu juga bisa berfungsi sebagai sarana pendukung pembelajaran baik untuk para guru dan dosen seperti mempublish tugas atau materi pelajaran.

Itulah pengertian blog dan manfaatnya. Lantas apakah membuat blog itu gratis dan dimana bisa membuatnya? Ya membuat blog itu gratis. Anda bisa membuat blog disitus-situs berikut ini:
blogger.com
wordpress.com
blogdetik.com
blog.com
tumblr.com
livejournal.com
weebly.com
posterous.com
blogetery.com
sosblogs.com
xanga.com
blogsome.com
edublogs.com
blogr.com
blogster.com
multiply.com
opendiary.com

Itulah beberapa situs yang menyediakan fasilitas untuk membuat blog gratis. Tetapi dari semua itu yang paling populer adalah blogger.com dam wordpress.com. selamat mencoba membuat blog.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peluang Usaha Menjual Kardus Bekas

Alasan Umum Mutasi PNS

Jenis Usaha Yang Bagus di Lingkungan Kampus

Histats