Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Sampah Daun

Cara membuat pupuk kompos dari sampah daun adalah mudah dan tidak memerlukan biaya. Seperti yang kita ketahui, pupuk kompos terbuat dari sampah-sampah organik misalnya seperti dedaunan dan tentu saja memiliki banyak manfaat selain untuk kesuburan tanaman juga sekaligus untuk kesuburan tanah. Manfaat lain dari pupuk kompos ini adalah merupakan produk yang ramah lingkungan.

Jika rumah anda banyak dikelilingi pohon-pohon rindang yang berdaun lebat, maka daun yang berguguran itu sebaiknya jangan anda buang. Anda bisa memanfaatkan daun itu sebagai bahan untuk membuat pupuk kompos. Bagaimana caranya membuat pupuk kompos dari sampah daun tersebut? Berikut prosesnya:

Pertama, anda buat lubang di tanah dengan dengan kedalaman sekitar 1 1/2 meter.

Kedua, anda kumpulkan daun-daun yang sudah berguguran tersebut lalu tempatkan pada lubang yang telah anda buat.

Ketiga, tutup rapat lubang yang sudah terisi sampah daun. Kemudian tunggu hingga seminggu.

Keempat, setelah kurang lebih satu minggu galilah lubang tersebut dan ambillah kumpulan sampah daun tersebut lalu jemurlah di terik sinar matahari. Jika dirasa sudah kering anda sudah bisa memanfaatkan pupuk kompos yang terbuat dari daun itu.

Itulah cara membuat pupuk kompos dari sampah daun yang bisa anda coba. Praktis dan mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peluang Usaha Menjual Kardus Bekas

Alasan Umum Mutasi PNS

Jenis Usaha Yang Bagus di Lingkungan Kampus

Histats